Kurikulum

Kurikulum

Kurikulum program studi pendidikan Biologi Universitas Khairun merupakan kurikulum berbasis pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum KKNI ini telah memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN
PROGRAM STUDI PEND. BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS KHAIRUN
NO CAPAIAN PEMBELAJARAN SUMBER
A. ASPEK SIKAP
1 bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Lampiran Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
2 menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3 berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
4 berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
5 bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
6 menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
7 taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8 menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
9 menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
10 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
B. ASPEK PENGETAHUAN
1 Menguasai teori konsep, prinsipdan prosedur  dasar dalam bidang keilmuan biologi sesuai dengan perkembangan keilmuan dan pembelajarannya di sekolah Hasil Rumusan Bersama CP pada Himpunan Pendidik dan Peneliti Pendidikan Biologi Indonesia (HPPBI) di Surakarta pada tanggal 8 Agustus 2014
2 Menguasai konsep, prinsip dan teori pedagogi andragogi, dan didaktikal biologi(terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)
3 Menguasai teori, konsep, prinsip dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai tuntutan zaman;
4 Menguasai teori, konsep, prinsip, dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya;
5 Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan;
6 Menguasai perkembangan isu terkini terkait dengan kebijakan pendidikan, implementasi dan implikasinya;
7 Menguasai  konsep dasar di bidang penelitian biologi dan pendidikan biologi;
8 Menguasai pengetahuan tentang ilmu biologi dan pendidikan biologi berbasis IT untuk mendukung program pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah Rumusan prodi Pendidikan Biologi FKIP UNKHAIR
9 Menguasai pengetahuan dan teknologi dalam keilmuan biologi dan pendidikan biologi untuk mengembangkan kewirausahaan yang mandiri
10 Menguasai pengetahuan tentang peluang usaha yang berkaitan dengan keilmuan biologi dan pendidikan biologi
C1. ASPEK KETERAMPILAN UMUM
1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai IPA yang sesuai dengan bidang keahliannya. Lampiran Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
2 mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
3 mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi dan menggunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
4 menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
5 mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
6 mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaga.
7 mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
8 mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
9 mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
C2. ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS
1 Memiliki motivasi mandiri untuk selalu mengikuti perkembangan keilmuan biologi dan pembelajarannya secara sinambung sebagai dasar keilmuan untuk profesinya; Hasil Rumusan Bersama CP pada Himpunan Pendidik dan Peneliti Pendidikan Biologi Indonesia (HPPBI) di Surakarta pada tanggal 8 Agustus 2014
2 Memiliki kemampuan merencanakan, merancang, melaksanakan dan  mengevaluasi pembelajaran biologi dengan pendekatan siswa aktif dengan memanfaatkan sumber, media dan potensi lingkungan setempat sesuai dan tuntutan kurikulum sekolah dalam kerangka TPCK (Technological Pedadogical Content Knowledge) atau SSP (Subject Specifik Pedagogy) sesuai dengan standar mutu yang berlaku;
3 Mampu melakukan perbaikan proses pembelajaran biologi yang dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas (action research);
4 Mampu mengaplikasikan metoda pembelajaran biologi yang telah dikembangkan secara inovatif; Hasil Rumusan Bersama CP pada Himpunan Pendidik dan Peneliti Pendidikan Biologi Indonesia (HPPBI) di Surakarta pada tanggal 8 Agustus 2014
5 Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;
6 Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang pendidikan biologi;
7 Memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan hasil-hasil/luaran/produk yang dihasilkan dalam bidang yang berkaitan dengan pendidikan biologi  dan pembelajaran biologi menggunakan bahasa Inggris;
8 Mampu merancang dan menerapkan ilmu biologi dan pendidikan biologi berbasis IT untuk mendukung program pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah Hasil Rumusan prodi Pendidikan Biologi Unkhair
9 Mampu menerapkan teknologi dalam keilmuan biologi dan pendidikan biologi untuk mengembangkan kewirausahaan yang mandiri
10 Mampu merencanakan dan melaksanakan prinsip-prinsip peluang usaha yang berkaitan dengan keilmuan biologi dan pendidikan biologi

 

KURIKULUM KKNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS KHAIRUN