Himabio Unkhair Gelar Webinar MBKM Series-1

TERNATE – Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unkhair menggelar Webinar MBKM #Series1, yang bertajuk Peran Mahasiswa dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Webinar ini menghadirkan tiga pemateri yang terlibat dalam kegiatan Kampus Mengajar yaitu Listiawati H. Buka di SD Inpres Kurik 1 Merauke, Dinda Ayu Lestari di SD Negeri 14 Kota Ternate, dan Astuti Sahlan di SD Negeri 267 Maluku Tengah. Ketiga pemateri merupakan mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi Unkhair.

Webinar diawali dengan sambutan Ketua Umum Himabio, Iswan Juanda dan dibuka secara resmi oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi, Suparman, M.Si., Ph.D. Koordinator Program Studi menekankan pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, salah satunya pada kegiatan Kampus Mengajar yang dicanangkan oleh Kemdikbudristek.

Pada webinar ini, peserta yang terdiri dari mahasiswa, alumni dan dosen Program Studi Pendidikan Biologi berkesempatan mendengarkan sharing session ketiga pemateri selama 5 bulan melakukan kegiatan Kampus Mengajar di tiga lokasi berbeda. Banyak hal menarik yang diungkapkan, mulai dari budaya masyarakat setempat yang berbeda hingga jaringan internet dan telpon yang tidak memadai sedangkan laporan kemajuan kegiatan harus selalu dikirimkan. Kendala di sekolah juga banyak ditemukan seperti siswa-siswa yang masih sangat kurang dalam literasi dan numerasi, kurangnya semangat belajar siswa, dan berbagai permasalahan lainnya. Permasalahan ini mengharuskan pemateri mencari akal untuk menemukan solusi yang tepat dalam menyelesaikannya. Beberapa solusi yang diberikan yaitu mengajar siswa membaca, menulis, dan berhitung (calistung) dengan cara yang menarik seperti menggunakan lagu, membenahi perpustakaan dan membuat majalah dinding untuk menyalurkan bakat dan kreativitas siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.