21 Produk Inovasi Siswa-Siswi Se Kota Ternate Dengan Potensi Alam di Maluku Utara, Maluku Utara Siap Bersaing!

Ternate – Program Studi Pendidikan Biologi mengadakan Lomba Karya Inovasi Stabilitas Siswa (LKISS) dengan mengusung Tema, “Mengasah Kreativitas dan Inovasi Siswa dalam Memanfaatkan Potensi Alam di Kepulauan Maluku Utara” dengan tujuan mengembangkan kemampuan, minat, dan bakat siswa SMA/SMK/MA se Kota Ternate.

Kegiatan ini diikuti 9 sekolah SMA/SMK/MA se Kota Ternate, pada tanggal 15 Desember 2021 bertempat di Aula Banau. Diharapakan dengan adanya kegiatan ini mampu melahirkan karya-karya terbaru dan berkualitas dari siswa-siswi SMA/SMK/MA di Kota Ternate.

 

 

 

 

 

 

 

Siswa SMA N 2 Kota Ternate menyiapkan proyek pemanfaatan labu kuning atau sambiki sebagai bahan bioplastik

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas siswa-siswi di tingkat satuan pendidikan SMA/SMK/MA dalam memanfaatakan potensi alam di wilayah Maluku Utara” Ungkap Ketua Panitia, Dr. Arini Zahrotun, M.Pd.

Siswa SMA N 4 Kota Ternate menyiapkan proyek pengolahan garampati dan scallop ikan tuna

Ketua Panitia, Ibu Arinipun berharap dengan kegiatan ini, merupakan langkah awal untuk kegiatan berikutnya, diagendakan menjadi kegiatan tahunan dengan ruang lingkup yang lebih besar lagi, tidak hanya se Kota Ternate melainkan sampai ditingkat Provinsi Maluku Utara.

Siswa SMA N 6 Kota Ternate menyiapkan proyek pemanfaatan tumbuhan pawpaw sebagai sabun mandi

Dr. Dharmawaty M. Taher, M.SI., selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi mengatakan dengan adanya lomba karya inovasi siswa maka Program Studi Pendidikan Biologi telah mengadakan 2 lomba, yang pertama ialah olimpiade bidang Biologi di bulan November 2021.

“Kegiatan lomba ini bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan daya inovatif dari seluruh siswa, dan yang paling utama adalah menjadi ajang evaluasi bagi program studi pendidikan Biologi,” tutur Ibu Koordinator.

Siswa SMA N 8 ota Ternate, dengan proyek pertama yaiu etnobotani tumbuhan ogiso, kedua minuman rempah, dan yang ketiga virgin coconut oil (VCO) hasil fermentasi

Laporan dari panitia kegiatan ini, bahwa karya para siswa-siswi SMA/SMK/Ma se Kota Ternate tidak kalah dengan Daerah dan Provinsi lain dari Maluku Utara.

Siswa SMA IT Nurul Hasan Kota Ternate membuat proyek lilin aromaterapi rempah

SMA Al-khairat Kota Ternate membuat proyek pemanfaatan limbah kulit cangkang kenari sebagai masker wajah

Para peserta juga sudah menggunggah video-video pembuatan karya mereka masing-masing di youtube prodi Biologi, dan dari video itulah diambil sebagai penilaian awal yang dinilai langsung oleh dosen-dosen profesioal di Program Studi Pendidikan Biologi.

Siswa SMA MUhammadiyah Kota Ternate membuat proyek tepung moca atau singkong yang dibuat untuk tepung sehat

Semoga dari kegiatan ini, para siswa-siswi lebih semangat lagi untuk menciptakan proyek-proyek terbaru mereka tentunya Inovatif dan Kreatif, bahkan dari karya tersebut mereka bisa bersaing di tingkat Nasionl maunpun Internasioal. (Admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.